kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

“Hujan dan Malam ala Indomie”


Sudah pernah lihat iklan indomie yg terbaru (ga baru2 amat sih)..?? Saya suka dgn iklan2 ini. Menurut saya itu adalah iklan terbaik yg pernah mereka buat selama ini. Terlepas dr apakah saya penggila mie instan (khususnya indomie). Saya mencoba melihatnya secara obyektif saja..🙂

Iklan ini terdiri dr 2 versi, hujan dan malam. Kali ini mereka mengusung slogan baru. “Pas Hujan, Pasnya Indomie” dan “Larut Malam, Enaknya Indomie”.

Versi yg pertama menggambarkan suasana saat sedang turun hujan. Tampak bulir-bulir hujan yang menimpa kap mobil. Fokus dan feelnya dapet banget. Mungkin krn scoringnya yg mantep (di iklan namanya jg skoring kah..??)

Adegan berlanjut ke sebuah kolam renang kosong yang beriak-riak kecil ditimpa air hujan. Sumpah.. asik banget ngeliat hujan di sini..🙂

Lalu beranjak ke sebuah konser musik yg sepertinya menampilkan band2 berisik (ketahuan dr animo penontonnya yg setengah brutal di tengah hujan🙂 ). Ini nih yg agak annoying buat saya. Ga tau, ya, koq rasa2nya jumping gitu.. Jumping feelnya.. hehe.. sok teu..

Selesai dgn konser, beralih ke sebuah warung kecil yg sepi (mungkin krn hujan jg ya🙂 ). Warung mie lebih tepatnya, krn di etalase buramnya kelihatan ada tumpukan2 mie gitu. Tapi.. yg perlu digarisbawahi di sini, tumpukan mie dan logo indomienya ga annoying. Ga dilihatin jelas dan gamblang banget.. (ga kayak sinetron2 yg sering banget nampilin logo dgn jelas or malah nyisipin produk sponsor langsung di tengah2 scene, ergh..). Saya aja sampe musti melotot dan baru ngeh kalo itu warung mie. Etalase isinya mie instant, dan di bagian atas warungnya ada logo indomie. Kesannya smooth banget.. seolah tidak disengaja dan tidak menjadi fokus. Tone gambarnya memang rada burem.. (bener ga sih istilah tone di sini? Hehe..). Tp justru ini yg keren.. Pas sama feelnya.

Selesai dengan warung mie. Kita jalan-jalan ke bukit dulu. Yep.. ada scene bukit di tengah hujan bo’. Trus ada jg Ibu dan anak yg berlindung di bawah payung sambil jalan.

Ga lupa view dermaga kecil yg diguyur hujan. Bukan dermaga betulan jg sih, terbuat dr bambu, pokoknya tempat di pinggir laut/danau buat tempat orang yg mau naik ke atas perahu gitu🙂 Uuhh.. mantep.. Berasa kayak di luar negeri.. Kayak di film2 gitu😀

Dan…

Yg paling manteb (favorit saya nie). Scene seorang cewek lagi nyruput indomie kuah di restorasi kereta api sambil memandang keluar jendela yg sedang turun hujan. Lalu ditutup dgn view kereta api yg berjalan di atas rel jembatan. Wuiihh..

Versi kedua menggambarkan suasana larut malam. Diawali dgn scene orang main basket malem2. Beralih ke sebuah ruang keluarga, ada beberapa orang yg lg asyik nonton pertandingan sepak bola di televisi. Lalu ke tempat parkir kosong. Tp di tengah2nya ada benda, kalo dilihat2 sih modelnya kayak troli gitu.. mungkin ini parkiran di supermarket🙂 Wih.. pas scene ini koq saya agak merinding, kesannya kayak film horror, haha.. Efek kosongnya kerasa banget bo’..!!

Cukup dgn horor2annya. Kita makan dulu yuk.. Ada taxi yg lagi mangkal nunggu penumpang kayaknya🙂 Trus moving ke scene penjual nasi goreng -atau mie gitu deh- di balik gerobak dorongnya..

Ada aksi para bomber yg lagi bikin masterpiece di tembok jalanan. Manteebb..!!🙂

Dan.. Berakhir di sebuah ruangan kantor yg remang (cenderung gelap sih), dgn scene seorang cowok lg makan indomie. Tp kali ini saya lupa tu cowok makan indomie kuah or goreng, hehe..

Semua tergambarkn dgn cukup baik. Skoring yg pas, tanpa jingle berisik yg dibawakan kroyokan –seperti iklan mereka sebelum2nya- Sebenernya masih pake jingle original indomie, tapi kali ini dibuat versi akustiknya, hanya bermodal petikan gitar sederhana. Harus saya akui bahwa scoring merupakan kekuatan tersendiri di sini..🙂 Tanpa dialog.. Dan secara visual sangat enak dilihat.. Gmbrnya soft, “sopan”, ga “brutal”.. Hehe..

Ups.. satu lagi..!! Montage2 dlm kedua iklan ini sangat mewakili berbagai kalangan. Mulai dr remaja pecinta olahraga dan seni, ibu2, sampe’ pekerja (supir taxi dan orang kantoran). Dan yg penting 2 versi iklan ini “ngena” banget.. (saya blm mnemukan istilah yg tepat slain itu). Bukan sekedar ngiklan, tapi lebih mendalami karakter produk dan juga konsumennya. Ini dr sudut pandang orang awam, karena saya bukan orang iklan..

Selama ini kan produk2 mie instan terkesan hanya menggunakan iklan u/ promosi, mengenalkan produk, dan cara bagaimana menjualnya. Well.. sebenarnya ga cuma mie aja sih yg begini. Ciri2 iklan mie spt itu antara lain:

Iklan yg heboh dgn jingle berisik yg rame banget..

Adegan orang makan mie dgn mata melotot dan ekspresi seolah akan mati keenakan. Sampe suara sruputannya pun diekspos..

Ga lupa acungan jempol sambil menatap kamera..

Dan ditutup dgn slogan yg disampaikan sangat gamblang, dll..

Tapi kali ini indomie mulai lebih jauh melihat esensi produknya sendiri. Siapa sih yg memungkiri bahwa hujan2 memang paling pas makan mie, apalagi mie kuah. Malem2 jg paling enak makan mie. Inilah yg rupanya berhasil ditangkap indomie. Saya menduga mereka sudah melakukan survey kecil2an atau minimal menangkap fenomena “noodle time” yg beredar di masyarakat. Dan.. Ternyata setelah saya googling, mereka memang terinspirasi oleh para facebookers (mereka punya fan page) yg suka makan indomie di kala hujan dan larut malam. Great..!!

Iklan ini mmbuat indomie masuk dlm kategori iklan “cerdas” versi saya. Yaitu iklan yg tidak sekedar “ngiklan”.. Tidak skedar jual produk.. Melainkan lbh “essential” dan memahami segmen marketnya. Jadinya terlihat lebih estetik dan impressive..

Masih menurut saya. Iklan semacam ini pas dan cocok sekali dgn mereka (indomie). Saya ga tau kalo dr segi branding gimana..🙂 Kenapa saya bilang cocok..?? Karena dr segi taste sendiri, bagi saya indomie lbh “sopan” dan “soft” daripada mie sedap (kompetitornya yg langsung naik daun). Well.. Saya tidak berbicara rasa mana yg lebih enak. Karena tiap produk punya kelebihan dan kekurangan di masing2 variannya. Dan soal rasa jg tergantung selera, bukan..??🙂

Saya rasa semua juga setuju bahwa iklan sekarang memang tidak sekedar jual produk dgn bahasa lugas..

Wuiiihhhhh… 2 iklan pendek aja bahasannya sampe segini panjangnya.. haha.. Oke.. sekian cuap2 saya tentang indomie..

Ditunggu iklan2 lainnya yg lbh cihuy..😀

Leave a Reply

