kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Jangan Asal Pilih!


Hubungan seksual antara manusia dengan anjing ada di dalam cerita Sangkuriang. Kancil yang cerdas tapi cenderung licik sering kita dengar ceritanya.  Dan banyak lagi cerita-cerita rakyat atau dongeng masa kecil yang diperdengarkan untuk anak-anak. Pertanyaannya.. pantaskah..?? Atau ada baiknya bagian yang kurang pantas itu diskip saja?

Hal inilah yang menjadi poin kehati-hatian saya, mengingat bahwa anak sangatlah rentan akan informasi yang diberikan. Dongeng dan cerita untuk anak cenderung disampaikan dengan eksplisit, apa adanya, mengacu pada makna sebenarnya, tidak terselubung. Jadi moral of story yang terkandung di dalam cerita anak harus disampaikan dengan terang-terangan, ya.. tentunya disesuaikan dengan daya tangkap si anak.

Jangan asal pilih dongeng untuk anak, carilah yang menyampaikan cerita dengan baik, bukan hanya pesan, melainkan juga alur ceritanya, yang lebih banyak bermuatan positif. David McClelland, seorang pakar psikologi sosial, mengungkapkan hasil penelitiannya yang menyimpulkan sebuah teori bahwa cerita dongeng untuk anak sebelum tidur sangat mempengaruhi prestasi suatu bangsa. McClelland memaparkan penelitiannya terhadap dua negara terkuat abad 16 yaitu Inggris dan Spanyol. Cerita anak di negara Inggris kaya akan muatan spritualitas dan motivasi untuk maju. Sedangkan cerita anak di Spanyol penuh dengan muatan yang membuat anak terlelap dan ternina-bobokan. Dari begitu banyak cerita dari berbagai negara yang dikumpulkan McClelland dan kemudian diteliti, menunjukkan bahwa negara yang pertumbuhan ekonominya sangat tinggi adalah negara yang memiliki cerita dongeng anak mengandung need for achievement ( kebutuhan berprestasi) yang tinggi.

Loh.. bukannya semua dongeng anak itu positif, pasti ada pesan moralnya. Yaiya.. tapi kan ga semua anak bisa menangkap moral of storynya, karakter cerita yang disampaikan untuk anak memang eksplisit, jadi kalo terlalu terselubung, anak malah akan menangkap kulit luar ceritanya doang. Misal nih, dongeng kancil suka mencuri timun. Kalo cara penyampaiannya tidak diimprovisasi atau dimodifikasi, karakter si kancil yang licik ini bisa melekat di alam bawah sadar si anak dan ujung-ujungnya mereka tiru. Kenapa..?? Karena ceritanya mendapat pengulangan, karakternya yang kuat di setiap cerita akan memaksa masuk ke alam bawah sadar si anak. Si kancil kan banyak serinya tuh, yang mulai dari nyuri timun sampe ngadalin buaya dan harimau. Hmm..

Rasa-rasanya perlu digalakkan lagi dongeng yang memotivasi anak-anak untuk berprestasi, yang mendidik dan menumbuhkan keinginan untuk maju. Jangan sampe kebablasan kayak sinetron Ibu tiri yang kejam. Ergh.. Indonesia butuh lebih dari cerita lebai seperti itu.

Inilah yang bikin kerjaan saya agak tertunda. Bulan ini saya harus create naskah untuk buku dongeng anak. Temanya macam-macam, sih.. Temen-temen kebagian tema yang beda. Awalnya waktu brainstorming memang banyak ide yang keluar, semua ditampung dan dipertimbangkan untuk dijadikan naskah. Akhirnya para editor dikumpulin, waktunya pembagian naskah. Koordinator langsung nyodorin tema untuk saya, yaitu… dongeng superhero Indonesia..!! Jadi, tokoh-tokoh dari cerita-cerita rakyat asli Indonesia itu dikumpulin, terus dibuat cerita baru, yang.. lucu..!! Yeah.. it’s comedy.. Haha.. kenapa saya langsung dikasih tema sedangkan lainnya boleh memilih..?? Hmm.. apa karena kalo becanda saya bandel, ya..?? Kalo guyon suka ndablek😆 Itulah mungkin kenapa disodorin tema superhero mbanyol ini, hehe.. Tak apalah.. ini tantangan untuk saya.. Sebelumnya selalu bikin buku anak yg model aktivitas dan science populer, baru ini kebagian bikin dongeng. Makanya, agak bingung untuk mulai nulis. Masih sampe pengkarakteran dan pemilihan tokoh, baru taraf audisi, siapa saja tokoh cerita rakyat Indonesia yang akan masuk dlm buku dongeng saya..?? Hmm.. Bawang putih-bawang merah, timun mas, si pitung.. Sounds great.. Apa yang akan saya lakukan dengan mereka..?? Haha.. saya juga masih bingung..😆 padahal tinggal 10 hari lagi sebelum deadline.. Hehe.. Yang jelas saya ga mau bikin cerita asal-asalan, harus sarat pesan moral, yang ga sinetron, wes pokoknya almost perfect..!! Hehe.. kadar perfectionist saya mulai tinggi lagi, kumat..!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: