kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Bombi dan Buku Dongeng Ajaib


Apakah kalian mempunyai buku cerita? Apakah buku cerita kalian bisa mengeluarkan cahaya berwarna-warni dan bersuara? Kalau tidak, berarti.. hanya buku cerita milik Bombi yang bisa seperti itu. Hmm.. ada apa, ya di dalam buku itu?

Ada lagi yang aneh, Bombi harus menyelamatkan dirinya dan teman-teman dari kejaran raksasa hijau dengan bantuan 4 bungkusan ajaib, salah satunya adalah terasi. Memangnya dia mau membuat sambal?

Wah.. aku jadi penasaran, bagaimana dengan kalian? Pasti juga penasaran, kan? Ayo.. ikuti petualangan Bombi bersama tokoh-tokoh dongeng nusantara di buku ini!

Itu adalah sinopsis dari buku yang baru saya selesaikan beberapa minggu lalu. Yeay.. saya berhasil menyelesaikan buku petualangan dongeng lokal.. Akhirnyaaa..šŸ™‚

Setelah menelusuri jalan berliku sampai 5 kali merombak cerita, saya cukup puas dengan hasilnya. Proses pengerjaannya tidak sampai setengah hari kerja. Alhamdulillah saya hanya membutuhkan beberapa jam untuk menyelesaikan 36 halaman dongeng ini. Hmm.. lumayan cepet disbanding proses penentuan karakter dan plot ceritanya. Yup, kalo udah dapet mood, feel, dan sedikit stimulus, prosesnya ga akan lama. Hanya butuh sedikit kerja keras untuk mengawali cerita, setelahnya tinggal ikuti alur sajašŸ˜‰

Saya sempat kesal karena batasan halaman, well.. saya termasuk tipe orang yang sulit berhenti menulis, hehe.. Pembatasan halaman ini membuat saya harus pintar-pintar memadatkan kalimat. Belum lagi soal cerita petualangan anak itu sendiri, yeah.. selama ini saya terbiasa menulis science populer, buku aktivitas, dan pengetahuan lainnya. Dongeng (anak) adalah hal baru bagi saya. Harus lebih imajinatif untuk bisa menyelami dunia anak. Saya yang tidak suka film-film fantasi semacam Harry Potter atau Narnia jadi agak mengalami kesulitan untuk mengembangkan cerita. Oke.. saya ga boleh gengsi untuk belajar dengan orang yang mungkin lebih cinta dengan cerita-cerita fantasi semacam itu.

Saya coba share dengan tetangga sebelah meja saya yang notabene pecinta film fantasi. Saya minta dia membaca 2 cerita saya dan memilih mana yang lebih pas, lengkap dengan masukannya. Wow.. inilah perbedaan orang yang suka menonton film fantasi dengan yang tidak. Masukan dari teman saya itu fantasi banget dank has anak-anak. Thanx God saya bisa share dengan dia, karena dari situ saya mendapat ide pengembangan cerita.

Dari kejadian ini saya belajar untuk lebih terbuka menerima masukan dari orang lain. Yup.. teman yang sering berbeda pendapat dengan saya, well.. selera kita memang berbeda, tapi ini justru semakin menunjukkan potensi diri masing-masing. Kita bisa saling melengkapi kekurangan dengan berbagi dan mendengar masukan dari orang lainšŸ™‚

2 responses to “Bombi dan Buku Dongeng Ajaib

  1. Mac_Dhawanks October 1, 2011 at 2:39 pm

    Gue ngakak membaca dan mendengar judul cerita ini PETULANGAN BOMBI, karena jika anak-anak kecil dari tanah Bugis dan Makassar pasti otaknya error gara-gara ngebaca judul cerita ini. Karena BOMBI itu kata lain dari kata COMBI yang dalam arti Bahasa Bugis maksudnya adalah Alat Kelamin Wanita (Vagina). Siapa sih yang nyiptain cerita dongeng ini.

    • meliamex October 4, 2011 at 5:43 am

      Wah.. kalo itu sih di luar kuasa saya sebagai penulis buku..
      Mana saya tau kalo itu bisa diartikan lain oleh daerah Bugis dan Makassar..
      Yg saya maksud di sini Bombi adalah nama anak..
      Emang salah?
      Lagian kan cm kata lain.. Ya kasihlah pengertian dan pemahaman sm mereka.. Kosakata itu luas.. ga sempit kayak pikiran orang2 mesum doank.. no offense..šŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: