kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Berbagi “Pelangi”


Bianglala yang sedang tertawa, busur cahaya dengan ujung yang mengarah pada horizon kala hujan ringan. Orang lebih sering menyebutnya pelangi. Banyak yang menanti hadirnya, banyak yang suka melihat warnanya. Warna yang semburat melengkung di ujung cakrawala. Tapi apakah ia memiliki arti? Bagi sebagian orang, iya, namun bagi sebagian yang lain mungkin tidak. Setiap orang memiliki pelanginya masing-masing dengan makna yang berbeda. Jadi, apa makna pelangi untukmu?

Buku kumpulan cerpen ini mencoba menguak keindahan makna di balik pelangi. Keindahan yang tak hanya bisa dinikmati sendiri, melainkan dibagi dengan banyak orang. Kembali, setelah proyek buku kumpulan cerpen “Be Strong, Indonesia!” yang digagas oleh nulisbuku, kini hadir proyek yang serupa. Adyta Purbaya, seorang gadis yang sepertinya memiliki kegilaan menulis akut ini adalah penggagas proyek buku kumcer pelangi. Terinspirasi dari kumpulan cerpen di buku “Be Strong, Indonesia!” ia pun mencoba melakukan hal yang sama. Mengingat bahwa ternyata dalam proyek pendahulunya itu terdapat cukup banyak cerpen dengan judul pelangi. Jadi penasaran, seperti apa pelangi dalam benak masing-masing penulisnya. Well.. jadilah proyek ini.

Setiap penulis bisa berkontribusi dalam proyek ini dengan mengirimkan karya berupa cerita pendek bertema pelangi. Dan, sekali lagi, royalti yang diperoleh dari keuntungan penjualan buku akan disumbangkan. Kalau buku “Be Strong, Indonesia!” mendonasikan royaltinya pada korban bencana alam, kumcer “Pelangi” akan mendonasikannya ke panti asuhan. Wow.. sepertinya proyek-proyek seperti ini akan jadi trend tahun 2011:mrgreen: Karena nulisbuku mewujudkan mimpi penulis yang ingin menerbitkan bukunya dengan sangat mudah. Eh, benar dugaan saya, karena setelah 2 proyek buku kumcer “kroyokan” ini ada yang menyusul dengan proyek serupa. Hanya kali ini mengambil tema sejarah, dan royaltinya akan didonasikan untuk pejuang veteran. How sweet..🙂

Kebetulan saya ambil bagian dalam 2 proyek ini. “Senja Keperakan” saya menghiasi “Be Strong, Indonesia!” buku duabelas, dan “Di Bawah Payung Biru” ikut meramaikan “Pelangi” empat. Hmm.. senangnya bisa ikut berkontribusi dalam proyek seru ini. Semoga karya kita bisa bermanfaat, ya guys😉

Oiya.. selain cerpen, saya juga ikut nyumbang desain cover untuk buku Pelangi. Jiaahhh.. cover opo Mel? Ergh.. don’t screwed up, please.. ini bukan ajang main-main dan corat-coret lohh.. Hehe.. iya, awalnya saya iseng aja coba nawarin desain cover, kebetulan saya punya stok gambar yang pernah saya pakai untuk proyek bahagia saya. Gambarnya manual, coloring pake paint (can u imagine?) dan efek pake photoscape. Hoeh.. kayak gimana itu jadinya? Oke.. saya kasih lihat, silahkan dicaci dengan sehat, hehe..

Yeah.. ini kesannya gloomy and dark banget. Memang, sengaja, karena gambar ini memang saya sesuaikan dgn proyek bahagia saya dulu. Filosofinya simple aja. Ketika kita terus terkungkung di dalam dunia sendiri yang gelap dan melihat ke dunia luar yang lebih cerah, apa yang terlintas di benak kita? Ya, bahwa masih ada asa di luar sana yang menanti. Masih ada pelangi yang muncul sesaat setelah hujan reda. Dan, ya, memang harus melewati deras hujan dahulu untuk bisa menikmati keindahannya. Haha.. panjang nian..

Karena saya merasa desain ini masih menggambarkan pelangi, maka saya pede aja ngirim coretan ini untuk dijadikan cover buku. Tapi saya juga tahu diri, saya sadar bahwa desain saya ini masih jauh dari sempurna, dan.. gloomy..😦 Makanya, saya bilang ke Adyta, kalo emang ga cocok ga usah dipake gapapa, hehe.. Eh, tapi ternyata desain itu dipake juga. Hmm.. mungkin setengah terpaksa karena ga ada desain lain, ya.. haha..

Datanglah email revisi desain cover itu. Ada beberapa pembenahan yang harus segera diselesaikan untuk cover saya. Aduw… dibilang juga apa.. sok berlagak jadi desainer, sih..😀 Apa aja yang harus saya benahi? Oh, ternyata cuma nambahin logo, alamat nulisbuku, dan punggung buku. Oke.. saya kerjakan sesegera mungkin. Wait.. tapi koq saya jadi ga pede kalo sampe desain gloomy ini bener-bener dijadikan cover. Haha.. saya kepikiran untuk bikin desain baru aja. Busyet… emang bisa buk? Musti selesai cepet dan dikirim maksimal jam 5 sore, dan itu hanya tinggal sekitar 2-3 jam. Sanggup??? Harus!!! Ini adalah kesempatan sekaligus tantangan untuk bisa lebih berkembang, ehehe..

Taraaa..!! ini adalah desain kedua (fix) saya untuk cover buku “Pelangi”:mrgreen: Udah ga gloomy lagi, kan? Semoga suka..

Yep.. saya masih newbie banget untuk urusan desain, masih banyak yang harus saya pelajari, terutama karena saya masih anti sama photoshop, haha.. jadilah saya hanya bercinta dengan corel dan photoscape. Ya, meskipun saya ga begitu tertarik untuk edit foto segahar efek di photoshop, saya lebih suka main vector dan manual saja.. Terus belajar..!!!

Tertarik untuk memiliki salah satu dari 7 buku ini? *cerpen saya ada di buku empat, hehe.. Cara pemesanan:

Pemesanan pelangi dapat di lakukan melalui kirim email ke : order.adytabuku@yahoo.co.id

Subject email : order buku
lalu di body email tulis :
nama :
alamat lengkap (sertakan kodepos) :
no telp yang bisa di hubungi :
rincian pesanan :

Kalo yg pada doyan cerita cinta, kayaknya wajib beli buku ini, deh.. karena saya yakin di sini banyak banget cerita bertema cinta, kecuali cerita saya, hehe..

Ayoo.. beli bukunya, nikmati dan berbagi pelangi dengan sesama..😉

Leave a Reply

