kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Transit Holiday


Passport6 hari, 3 negara, 3 cinta. Sebuah perjalanan menghibur diri karena gagal bertolak ke negeri sakura, sekaligus ajang untuk mengumpulkan stempel imigrasi di paspor yang masih perawan, agar kelak ketika kembali mengajukan visa Jepang, petugas tak lagi memandang sebelah mata karena paspor yang masih bersih. So.. this is it.. My transit holiday..😉

Setelah menyisihkan gaji bulanan, mengikuti kompetisi sana-sini dan menghemat pengeluaran gila-gilaan selama setahun, akhirnya perjuangan saya berakhir dengan cukup pahit.. Visa Jepang yang saya ajukan ditolak oleh kedutaan. Sedih, pasti.. Kecewa, jelas.. Nangis, iya.. Bahkan beberapa hari setelah penolakan itu saya masih belum sanggup melihat hal apapun yang berkaitan dengan negara impian saya itu. Tapi saya sadar bahwa ini hanyalah sebuah mimpi yang tertunda, dan saya yakin bahwa suatu saat saya pasti bisa menggapai impian masa kecil saya.

Berbekal keyakinan itulah saya mencoba untuk move on dan merencanakan sesuatu sebagai bekal untuk mewujudkan impian. Caranya? Ngumpulin stempel di paspor. Yeah.. mungkin untuk sebagian orang ini terdengar konyol. Toh ada juga mereka yang paspornya masih kosong dan bisa mendapatkan visa Jepang dengan mudah. Tapi saya tidak mau lagi bertaruh dengan hal yang tidak pasti. Saya ingin semuanya bisa terkondisi dengan baik, kalau tak bisa disebut sempurna.

Awalnya saya berniat menyambangi Kuala Lumpur dan Singapura saja selama 6 hari, tentunya dengan memanfaatkan tiket pesawat Surabaya-Haneda PP yang sudah terlanjur saya booked jauh-jauh hari sebelumnya. Kebetulan penerbangannya transit di Kuala Lumpur, jadi saya bisa pakai tiketnya sampai sana saja.

Menghabiskan 6 hari di KL dan Singapore, apa yang akan saya lakukan di sana? Honestly, I have no idea.. Saya buta sama sekali dengan dua negara itu, karena memang tujuan awal dan utama saya bukan ke sana. Malah saya kepikiran kalau saya hanya akan menghabiskan waktu di hotel dan berjalan-jalan di sekitarnya saja. Kenapa? Karena saya tidak mau membuang uang hanya untuk “liburan transit” atau liburan dadakan. Saya masih ingin mengumpulkan uang untuk berangkat ke Jepang tahun depan.

Tapi setelah saya pikir-pikir, bukankah liburan itu harusnya menyenangkan? Menghabiskan waktu di negeri orang hanya dengan tiduran di hotel tentu juga memakan biaya, bukan? Jadi kenapa tidak mengeluarkan sedikit uang lagi untuk sekedar menyenangkan diri? Well.. ok.. tapi sungguh, saya tidak berminat liburan di dua negara itu. Bukan apa-apa, hanya saja tidak ada obyek yang berhasil menarik minat saya di sana.

Dulu waktu masih awal-awal kerja, saya sempat tertarik untuk backpacking ke Singapura. Alasannya sederhana, sekedar ingin mencicipi seperti apa rasanya bertualang di negeri orang. Tapi seiring berjalannya waktu saya mulai menemukan apa yang benar-benar saya inginkan. Ada orang yang memang ingin keliling dunia atau setidaknya bepergian ke luar negeri, tapi ada juga yang hanya ingin mengunjungi sejumlah negara tertentu. Dan ya, saya adalah tipe yang terakhir. Saya tidak berambisi untuk keliling dunia, tapi saya terobsesi untuk menjelajah Jepang..🙂

Karena sepertinya seluruh perhatian dan hati saya sudah tercurah pada negeri sakura, rasanya tidak mudah untuk beralih ke yang lain. Tapi mau tidak mau saya harus melaluinya. Dan saya hanya punya waktu sekitar 3 minggu sebelum hari keberangkatan. Yeah.. 3 minggu untuk menyiapkan itinerary dadakan di 3 negara bukan perkara mudah. Kaskus, website resmi pemerintah, sampai blog-blog pribadi pun mulai saya jelajahi. Bukan hanya soal obyek wisata tapi juga soal transportasi. Semua saya cari tahu.

Dan akhirnya pilihan pun saya jatuhkan pada Kuala Lumpur, Singapura dan Bangkok. Awalnya saya ragu untuk negara terakhir, mengingat ada biaya tambahan yang harus dikeluarkan, belum lagi jarak dan waktu yang juga tidak singkat. Tapi setelah mendapatkan banyak informasi, saya pun mantap memasukkannya dalam itinerary.

Rute singkatnya seperti ini:

Hari pertama tiba di Kuala Lumpur, jalan-jalan sebentar, malamnya langsung bertolak ke Singapura dengan bus, lama perjalanan kurang lebih 5-6 jam.

Sampai di Singapura pagi, langsung jalan-jalan. Malamnya kembali lagi ke Kuala Lumpur dengan bus.

Sampai di Kuala Lumpur subuh, ke stasiun, tidur sebentar, mandi, siap-siap, ke bandara, bertolak ke Bangkok dengan pesawat. Kebetulan saya dapat tiket Air Asia yang cukup murah dari Kuala Lumpur ke Bangkok, kalo dirupiahkan sekitar 300 ribuan.

Di Bangkok booked guest house selama 2 malam. Jalan-jalan sampe gempor, terus balik lagi ke Kuala Lumpur via sleeper train disambung bus. Lama perjalanan Bangkok-Kuala Lumpur kurang lebih sehari. Hahaha.. bacanya aja udah bikin capek? Tapi kalo dijalanin seru juga kok..😀

So.. apakah semua itinerary itu terpenuhi? Well.. ada beberapa yang terlewat, tapi rutenya berjalan sesuai rencana. Ada banyaaaakkkk sekali pelajaran yang saya dapat dari trip ke luar negeri pertama yang juga pengalaman pertama saya naik pesawat ini. Hahaha.. iyeeesss.. ini adalah pertama kalinya saya naik pesawat. Selama ini saya selalu pakai moda transportasi darat untuk menjelajah pulau Jawa. Jogja, Bandung, Solo, Jakarta, dan daerah-daerah lain di Jawa saya tempuh dengan kereta, bus dan mobil. Sekalinya naik pesawat langsung ke luar negeri, ke 2 negara pula.. Hehe..

Cerita apa saja yang saya dapat dari perjalanan lintas negara dari 11-17 April ini? Mulai dari disuruh ganti nama sama orang Malaysia karena nama saya dianggap tidak islami, ditinggal dan ditelantarkan bus malam gara-gara proses imigrasi Singapura yang lama, bertahan dengan roti selama seharian karena nggak nemu restoran halal, sampai ketemu duda anak 1 di Thailand yang bayarin makan dan transportasi karena sama-sama orang Malang. Oh ya, dan jangan lupakan kaki saya yang bau banget gara-gara nggak lepas sepatu selama perjalanan jauuuhhh sekali…😆

Saya akan bagi ceritanya per negara, biar lebih gampang untuk mengeksplor apa saja yang bisa dinikmati di sana.. Kapan? Ntar.. disambung lagi besok, dah.. Saya mau nggosokin kaki yang masih agak bau ini dulu..😆

Shoes

To be continued..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: