kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Teman Perjalanan [Random #9]


1e

Melihat angka merah di kalender, mata langsung melotot. Berpikir, di mana tempat yang cocok untuk merilekskan otot. Ah, ketemu! Mulai mengingat satu per satu daftar teman. Si A baru saja menikah bulan lalu, si B tak bisa diajak pergi bermalam, si C-D-E-F barang tentu tidak bisa meninggalkan anaknya, si.. ah, sudah hentikan saja.

Pernah mengalami hal serupa? Ketika kau ingin pergi ke suatu tempat dan menghabiskan waktu bersama kawan tapi kondisi tak memungkinkan. Pergi sendiri? Tentu bisa, tapi terkadang ada saat di mana kau ingin memiliki teman perjalanan, berbagi ranjang dengan kawan dan bertukar bahan obrolan.

16-17 Agustus nanti mungkin jadi hari yang cukup dinanti, bukan hanya karena hari lahirnya bangsa ini, tapi juga karena warna merah yang melingkari. Saya pun sudah mengincar tanggal ini dari jauh-jauh hari. Bahkan kini sudah menemukan tempat untuk dijelajahi.

Telaga Ngebel, Ponorogo. Sebuah telaga yang terbentuk secara alami dan lekat dengan mitos yang berkembang di masyarakat. Pertama kali melihatnya melalui layar monitor, seketika saya ingin pergi ke sana. Menghabiskan pagi di pinggir telaga, melihat ikan-ikan di keramba, menikmati sejuknya udara. Ah, rasanya memang harus ke sana.

Credit: indonesia-tourism.com

Credit: indonesia-tourism.com

Beruntung, setelah mencari tahu lewat Paman Google, tempat ini ternyata bisa ditempuh dengan kendaraan umum. Di lokasi juga tersedia penginapan, jadi bisa menikmati telaga di pagi hari. Rencana pun disusun. Dari Malang ada beberapa pilihan moda transportasi untuk mencapai Ponorogo. Yang mungkin banyak peminatnya tentu saja bus, ada juga kereta api (transit) dan yang paling nyaman mungkin ‘travel’.

Bus rasanya sudah tidak masuk hitungan. Untuk perjalanan jauh di malam hari apalagi melewati jalanan berkelok-kelok, saya masih belum bisa mempercayakan nyawa pada supir bus. Travel? Hmm.. mungkin tak jauh berbeda dengan bus. Pilihan ideal bagi saya adalah kereta api, meski terbilang lebih mahal dan masih harus menempuh perjalanan lagi untuk benar-benar sampai di Ponorogo. Memang, tak ada kereta api yang melewati kota ini, tapi saya bisa berhenti di Madiun dan menuju Ponorogo dengan menumpang bus.

Transportasi dan akomodasi beres. Pertanyaannya, apakah kali ini pergi sendiri lagi? Selama ini saya memang terbiasa pergi sendiri, hanya beberapa kali bepergian dengan teman. Dan khusus untuk yang satu ini, entah kenapa, saya tidak ingin pergi sendiri.

Teman-teman perempuan lajang rasanya sudah hampir tak tersisa. Kalaupun ada juga bukan tipe yang suka bepergian. Saudara sepupu perempuan sedang praktikum. Teman laki-laki? Ada, banyak malah. Sebenarnya pun tak masalah kalau pergi bersama teman laki-laki. Tapi, lagi-lagi entah, untuk perjalanan kali ini saya lebih ingin bersama teman perempuan dan berbagi kamar. Bukan karena masalah tarif penginapan yang bisa patungan. Hanya saja ingin rasanya ada teman mengobrol menjelang tidur. Teman laki-laki tentu tidak bisa melakukannya.

Aneh. Kenapa tidak ingin sendiri di Telaga Ngebel, sementara untuk rencana perjalanan ke Pulau Samosir dan Sorowako saja saya tak masalah pergi tanpa teman. Mungkinkah saya mulai bosan tidur di penginapan sendiri tanpa ada yang menemani? Mengingat perjalanan ke Penang beberapa waktu lalu pun saya memilih menginap di dormitory room, meski akhirnya tetap saja sendirian karena tak ada tamu perempuan yang menginap selain saya.

Ah, sepertinya kali ini saya baru benar-benar menyadari bagaimana rasanya menjadi lajang di usia matang. Haha.. Eits, bukan karena tidak ada pasangan, tapi karena teman-teman dekat sudah tidak bisa diajak jalan.

Mungkin sekaranglah saatnya mencari teman perjalanan baru. Adakah yang mau berbagi perjalanan dengan saya ke Telaga Ngebel? Kamu? Tak mau? Ah, ya sudah..:mrgreen:

2 responses to “Teman Perjalanan [Random #9]

  1. sichikaze June 9, 2015 at 5:31 am

    Iki lek mrene sepedaan rame2 sak kantor A10, remek ndek bokong..

Leave a Reply

