kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Separuh Perjalanan [Random #15]


journey

Hari ke-15. Mulai terperangkap rasa bosan? Kau tak sendirian, di luar sana mungkin ada juga kawan yang merasakan. Separuh perjalanan terlampaui, sebentar lagi sampai tujuan. Tak ada alasan untuk berhenti di tengah jalan, karena setiap perjalanan harus dituntaskan.

#NulisRandom2015 hari ke-15. Ada yang masih bertahan hingga hari ini? Mungkin kita harus sedikit merayakan.. dengan tulisanšŸ˜†

Ditanya tentang alasan berpartisipasi di ā€œajakanā€ ini, setiap orang tentu memiliki versinya masing-masing, mulai dari yang kurang kerjaan sampai yang ingin mengalahkan kemalasan. Lantas apa yang membuat saya sendiri bergabung dalam jajaran peserta #NulisRandom2015? Menantang diri sendiri. Ya, saya ingin menantang dan mengetahui kemampuan diri, apakah bisa bertahan hingga akhir, ataukah hanya semangat di awal perjalanan saja.

Dengan menghasilkan satu tulisan setiap hari, saya berharap bisa melatih diri dan meningkatkan kualitas tulisan. Learning by doing. #NulisRandom2015 juga memaksa saya untuk terus memutar otak, berpikir mengenai tema tulisan dari hari ke hari. Aturan satu tulisan per hari selama satu bulan penuh juga akan membuat saya belajar untuk tidak bergantung pada mood. Ah, mood yang selama ini sering jadi kambing hitam ketika tujuan tak tercapai. Alih-alih menunggu mood datang, saya dilatih untuk mencari dan memancing mood untuk tetap menulis.

Soal tulisan, saya sendiri menginginkan tema yang beragam, dari fiksi sampai non fiksi, dari buah-buahan sampai kampung halaman. Meski sepanjang saya amati hingga hari ke-15 ini kebanyakan tulisan saya bertema masa kecil atau nostalgia. Soal judul pun saya sengaja memilih yang pendek dan straight to the point, kalau saya bercerita tentang buah kesemek, maka saya akan memberi judul ā€œkesemekā€.

Sempat beberapa kali saya merasa buntu, bercampur dengan kantuk yang tak tertahankan. Tapi rasanya tidur pun tak tenang karena masih memiliki tanggungan. Alhasil di penghujung hari, menjelang tengah malam, dalam keadaan lampu kamar yang sudah padam, saya pun meraih ponsel dan menuliskan apa yang saya rasa, meski mungkin hanya satu paragraf berisi 4 atau 5 kalimat. Yang penting saya tidak melewatkan satu hari pun tanpa tulisan.

Bersyukur, saya kini mulai menemukan cara untuk menjaga mood agar tetap bergairah menulis setiap harinya. Foto! Sebisa mungkin saya memang menggunakan foto dokumen pribadi sebagai ilustrasi judul tulisan. Proses mencari atau bahkan mengambil foto khusus untuk ilustrasi judul inilah yang menarik dan seru. Perasaan antusias cukup mampu membuat mood dan semangat saya tetap terjaga hingga benar-benar menghasilkan tulisan. Jadi, setiap kali merasa kurang semangat, ketika sudah menemukan tema dan judul tulisan, maka saya akan lebih dulu mencari foto untuk ilustrasinya. Baru kemudian dilanjutkan menulis. Semoga saja cara ini akan tetap ampuh setiap saya kehilangan gairah menulis.

Kalau kamu, ada trik untuk tetap menjaga mood dan bertahan sampai hari ke-15 ini?šŸ™‚

Leave a Reply

