kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Teman Sekelas [Random #16]


Credit: wwno.org

Credit: wwno.org

Masih ingat kelas terakhir yang kamu tempati sewaktu sekolah dulu? Coba bayangkan wajah teman-temanmu. Ada berapa jumlah murid dalam satu kelas? Bisakah kamu tuliskan satu per satu nama teman sekelasmu dengan hanya bermodalkan ingatan, tanpa mengintip foto-foto lama?

Masa sekolah selalu penuh kenangan, entah kenangan manis atau pahit. Kalau merasa tak punya kenangan, mungkin waktu itu kamu lebih sering bolos di kantin daripada menghabiskan waktu bersama teman-teman di sekolah. Ah, bolos di kantin juga tentu meninggalkan kenangan bersama Ibu kantin. Jadi sepertinya bohong besar kalau kamu ngotot merasa tak punya kenangan semasa sekolah. Mungkin hanya soal ingatan yang sedikit bermasalah.

Kenangan semasa sekolah tentu banyak melibatkan teman, kecuali kalau kamu memang suka menyendiri di bilik UKS sambil menghitung gulungan perban. Soal teman, mari kita persempit menjadi teman sekelas terakhir, yaitu kelas 6 SD, kelas 3 SMP atau kelas 3 SMA. Silahkan pilih salah satu yang paling berkesan atau ketiganya juga tak masalah.

Oke.. sudah siap menuliskan nama-nama teman sekelasmu dulu?

Buat apa? Ini tantangan, daripada kamu nggak ada kerjaan.

Apa? Lupa? Coba ikuti petunjuk di bawah.

Mari kita mulai sesuai urutan abjad. Coba ingat-ingat nama teman dari huruf A, B, C dan seterusnya. Tak harus nama lengkap, nama panggilan pun tak apa, asal jangan sebutan yang buruk-buruk saja.

Huruf A lancar, B lumayan, C mulai tersendat, D buntu. Hmm..

Baik, sekarang coba ingat teman-teman menurut daerah tempat tinggalnya. Biasanya-atau mungkin hanya di sekolah saya saja-ada sebutan khusus untuk kelompok anak yang tinggal di daerah yang sama. Sebutannya pun tidak macam-macam, hanya menggunakan nama daerah tempat tinggalnya.

Sudah dapat berapa orang? Hampir separuh kelas? Bagus.. lanjutkan!

Nah, sekarang ingat teman-teman sepermainanmu di sekolah, teman bergosip, teman jajan, teman pulang, teman taruhan bola, teman arisan, teman berhutang, teman makan teman.

Wah.. sudah hampir selesai!

Kenapa? Kurang satu orang? Hmm.. juru kunci ini memang agak susah. Tapi jangan menyerah, pasti kamu akan ingat siapa orang terakhir dalam daftar teman sekelasmu. Caranya? Ya cari sendiri. Masa’ harus saya pandu lagi? Ingat, tidak boleh mengintip album foto, apalagi search di Mbah Google. Kenapa? Ya jelas nggak ketemu, kecuali kamu sekelas sama Sergey Brin. Siapa itu? Tanya Si Mbah, kalau ini dia pasti tahu jawabannya.

Sudah? Sekarang giliran saya yang cerita ya, sedikiiitt saja.

Entah kenapa, tiba-tiba malam ini saya ingin menuliskan nama-nama teman sekelas waktu SMP. Sekedar menguji daya ingat mungkin.

Kelas terakhir saya, kelas 3G. Jumlah muridnya saya masih ingat betul, 39 orang. Eh, semoga benar ya, kalau salah kan saya malu, udah pede gini..:mrgreen:

Saya coba mengingat dari urutan abjad. Nama yang saya tulis pertama, seperti bisa kamu lihat di image bawah. Dia teman saya sedari SD, sewaktu SMP pun duduk di kelas yang sama selama 3 tahun-atau2 tahun ya- berturut-turut, setiap bertemu selalu menyapa dengan umpatan “Cok!”, kadang suka minta dibelikan es campur yang mangkal di depan sekolah.

Nama-nama berikutnya terbilang cukup mudah untuk diingat berdasarkan urutan abjad. Tapi sampai di pertengahan, saya mulai bimbang. Akhirnya trik lain pun digunakan. Saya mengingat teman sepermainan, mereka yang biasanya selalu terlihat bersama. Kemudian teman taruhan bola yang lebih sering membuat saya kalah, teman baik yang masih sering bersama hingga lulus sekolah dan kuliah. Ada juga teman-teman yang tinggal di daerah yang sama, “anak Pangkalan”, begitu kami menyebutnya, karena mereka sama-sama tinggal di kompleks TNI AU. Beberapa nama saya ingat kembali dari urutan abjad. Agak kesulitan di 5 nama terakhir. Dan yang paling membuat gemas tentu saja juru kunci, alias penutup daftar. Sebenarnya nama itu sudah saya kantongi, hanya sedikit ragu apakah ia benar-benar satu kelas. Akhirnya mantap juga menuliskan namanya di nomor 39. Demi meyakinkan agar tak salah nama, saya pun mencoba mengecek melalui foto-foto yang ada. Dan ya, ia teman satu kelas saya!😀

Rasanya tidak begitu sulit mengingat satu per satu nama teman sekelas terakhir di SMP, karena sebagian sudah satu kelas sejak awal sekolah. Dulu sekolah kami menganut sistem kelas unggulan (unggulan 1 dan 2). Biasanya penghuni kelas unggulan tidak banyak yang berubah, jadi satu sama lain merasa sudah tidak asing. Kalau seorang murid nilainya menurun, di kelas berikutnya ia tak lagi menghuni kelas unggulan, digantikan murid lain yang nilainya lebih baik, begitu seterusnya.

Sebagian mungkin merasa sistem kelas seperti ini membosankan. Tapi saya bersyukur, bisa bersama dengan beberapa teman dalam kurun waktu yang lama. Berbeda dengan di SMA, ketika saya harus berganti teman sekelas setiap tahunnya. Setidaknya dengan menghuni kelas yang sama beberapa kali, ikatan yang terjalin di antara kami lebih kuat, meski tentu tak setiap anak dekat satu sama lain. Atau hanya saya saja yang merasakan ikatan ini?:mrgreen:

Menuliskan daftar teman sekelas yang bersama-sama selama beberapa tahun rasanya bukan pekerjaan yang terlalu sulit. Tapi sebentar, buat apa sih repot-repot menulis daftar teman sekelas ini? Iseng..😆

*Update: tiba-tiba ada satu nama yang melintas dalam pikiran, Ekha Kurniawati. Tapi kalau tidak salah ingat, dia pindah sebelum kelulusan. Eh, bener nggak, ya?😆

Formasi kelas 3G

Formasi kelas 3G

5 responses to “Teman Sekelas [Random #16]

  1. IPP June 20, 2015 at 11:33 pm

    Saya jadi pengen ikutan menulis teman sekelas saat SMA.😀

  2. malves June 22, 2015 at 3:24 pm

    Memorimu pirang giga mel….hehee……15 taun yg lalu loh

  3. Pingback: Day 23 – Teman #NulisRandom2015 | Ivan Dipanggang

Leave a Reply

