kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Ibu Kucing [Random #20]


mix3

Ketika harus meninggalkan mereka selama beberapa hari, tak bisa sembarang mempercayakannya pada orang, bahkan pada keluarga sendiri. Ketika pulang kerja dan tidak mendapati salah satu di rumah, tak ada yang bisa dimintai bantuan untuk mencari. Ketika mereka hilang dan tidak pulang berhari-hari, tak mungkin melaporkannya pada polisi. Bahkan ketika mereka tak lagi ada di dunia, orang lain mungkin tak ingat jika mereka pernah ada. Ya, mungkin seperti itulah gambaran seorang “Ibu kucing”.

Saya adalah seorang Ibu dari 3 ekor kucing. Malam ini satu dari tiga anak saya tidak ada di rumah. Mochi namanya, seekor kucing tuxedo berwarna hitam-putih. Ia biasa menyambut saya di mulut gang ketika saya pulang dari bekerja, duduk di teras rumah tetangga sembari menunggu saya muncul. Tapi tadi sore saya tak menjumpainya, bahkan hingga malam ini.

Biasanya di jam ini ia sudah lelap di tempat tidur, menanti saya merebahkan diri di sisinya. Tapi ia tak di sini. Ia melewatkan makan malam. Entah di mana ia berada kini. Saya pun tak tahu bagaimana keadaannya, apakah ia masih sehat dan bernapas, atau.. entah..

Jujur, sebenarnya saya sedang tidak mood menulis. Rasanya ingin tidur saja dan bangun keesokan hari dengan Mochi yang tiba-tiba sudah berada di teras rumah, mengeong minta dibukakan pintu setelah puas bermain, seperti biasanya. Tapi saya masih ingin melanjutkan “Nulis Random 2015” ini. Sudah lebih dari separuh jalan, tak mungkin dihentikan, harus dituntaskan.

Ah, saya tak bisa membayangkan bagaimana perasaan seorang Ibu yang kehilangan anaknya. Saya saja yang kehilangan Mochi bisa seperti ini.

Pasrah, saya pun merebahkan diri di tempat tidur. Entah bagaimana esok. Bagaimana kalau Mochi tak kembali? Mata saya pun basah. Ya, mungkin tak semua orang memahami apa yang saya rasa. Tak berapa lama, samar-samar terdengar suara yang amat saya kenal. Saya menghambur ke pintu, berlari mencari sumber suara.

Seekor kucing berbulu hitam-putih berjalan keluar dari lorong sebuah rumah.

Okaeri Mochi..

2 responses to “Ibu Kucing [Random #20]

  1. pupotku June 22, 2015 at 2:47 pm

    Syukurnya si Mochi gak di culik. :))

Leave a Reply

