kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Ide [Random #23]


Credit: tangyauhoong.com

Credit: tangyauhoong.com

Ide memang bisa datang kapan saja dan di mana saja, tapi tak lantas kita mengandalkan kedatangannya yang tak tentu seperti jodoh yang tak bisa diramal kapan tibanya. Bagaimana kalau kita harus mengerjakan sesuatu dalam tenggat waktu tertentu, sementara ide sedang buntu? Jalan satu-satunya ya tentu harus dicari, dijemput. Ayo.. jangan malas! *mengingatkan diri sendiri*

Ada banyak cara untuk mendatangkan ide. Setiap orang juga memiliki caranya masing-masing yang mungkin berbeda satu sama lain. Well.. saya sebenarnya tidak bermaksud berbagi tips, karena ya itu tadi, cara yang digunakan setiap orang berbeda. Saya hanya ingin berbagi pengalaman, siapa tahu cara kita sama, atau mungkin ada yang ingin mencoba, atau juga kita bisa bertukar cara.ūüėÄ

Ah, iya, mungkin cara ini lebih banyak saya gunakan untuk memancing ide menulis, meski ada juga yang saya pakai untuk mencari ide desain.

Inspirasi

Biasanya ini adalah hal pertama yang saya lakukan ketika ingin mencari ide tulisan. Inspirasi bisa didapat dari mana saja. Karena kebetulan saya suka menonton film, jadi ya media inilah yang sering saya manfaatkan. Selain film, kadang buku juga menjadi bahan untuk mencari inspirasi. Sementara ketika saya membutuhkan ide untuk membuat desain sesuatu, saya biasa mengintip ragam desain dengan tema senada. Tentunya, inspirasi ini hanya akan berakhir sebagai inspirasi, bukan serta merta menjadi karya sendiri alias plagiat. Inspirasi hanya sebagai pancingan yang nantinya bisa lebih jauh lagi dikembangkan.

Jalan-jalan

Sebenarnya ini masih masuk dalam kategori inspirasi, sih.. tapi dengan kondisi yang lebih proaktif. Kalau menonton film dan membaca buku cenderung lebih ‚Äúmenerima‚ÄĚ apa yang tersaji, scene film bisa menjadi ilham untuk ide awal atau ide dasar, karakter dalam novel bisa menjadi inspirasi cerita. Sementara kalau jalan-jalan rasanya harus lebih proaktif dan peka, mencari dan menangkap sesuatu yang bisa dijadikan ide. Misal ketika melihat bunga pukul empat di pinggir jalan, saya tiba-tiba terpikir membuat cerita tentang anak-anak yang berjanji mengunjungi suatu tempat untuk melihat bunga yang mekar di sore hari. yah, kurang lebih seperti itulah.

Imajinasi dan elaborasi

Biasanya saya mengawali imajinasi dengan kalimat pengandaian, ‚Äúbagaimana kalau‚Ķ‚ÄĚ. Nanti ketika ide masih bisa ‚Äúdimentahkan‚ÄĚ berarti tandanya saya masih harus berkhayal lagi. Dulu ketika pertama berkenalan dengan produksi film indie, salah seorang senior pernah berpesan ‚Äúcarilah ide sampai ide itu tidak bisa lagi dibunuh‚ÄĚ. Saya lupa kalimat tepatnya, tapi intinya seperti ituūüėÄ

Ide yang masih mentah dan liar nantinya dielaborasi lagi. Proses elaborasi inilah yang seru, apalagi jika melibatkan orang lain, karena setiap kepala akan melahirkan ide yang berbeda. Saya masih ingat betapa serunya dulu ketika saya dan teman-teman finalis LA Indie Movie 2009 brainstorming menggodok ide untuk skenario film, mulai dari tatap muka langsung sampai via Yahoo Messenger.

Banyak ide yang lahir dari imajinasi. Jadi rajin-rajinlah mengkhayal..:mrgreen:

Sepertinya itu dulu yang bisa saya bagi. Si Mochi sudah mulai ribut. Maklum, sekarang sepertinya sedang musim kawin kucing.:mrgreen:

Leave a Reply

