kocomripat

Kecil jadi Besar, Jauh jadi Dekat, Jauh-Dekat 3000..

Sahur [Random #28]


Dok. pribadi

Dok. pribadi

Berbeda dengan buka puasa yang selalu dinanti, waktu sahur rasanya tak begitu diminati. Bangun jam 3 pagi dan mengisi perut sambil menahan kantuk? Sebagian mungkin lebih memilih untuk melewatkannya. Ah, tanpa sahur juga masih tahan puasa seharian. Kamu, termasuk diantaranya?

Dulu semasa sekolah saya lebih sering mangkir di waktu sahur, kadang hanya minum air satu gelas, kadang malah benar-benar melewatkannya. Alasannya? Apa lagi kalau bukan malas. Beruntung, waktu itu meski banyak kegiatan dan tidak sahur tapi masih bisa bertahan tanpa harus membatalkan puasa. Ya, saya tahu sahur itu katanya mendatangkan pahala. Tapi iming-iming pahala ini masih belum bisa mengalahkan rasa malas saya saat itu.

Sekarang? Alhamdulillah.. sahur kini terasa lebih menyenangkan. Bukan karena tergiur dengan pahala, tapi saya menemukan motivasi sendiri agar tidak malas bangun di pagi buta. Sahur adalah berkah, itu kata ustadz-ustadz di TV. Saya pun tak menampik hal itu. Benar, sahur adalah sebuah berkah, “pemberian” dari Allah SWT. Dan ketika saya diberi sesuatu yang baik, tentu saya akan menerimanya. Seharusnya demikian, bukan?

Sementara saya sendiri beranggapan bahwa sahur adalah bentuk rasa syukur kita pada Yang di Atas, yang telah memberi berkah. Sederhananya, rasa syukur atas hidangan yang masih tersedia di meja. Lebih jauh lagi, rasa syukur atas segala berkah yang telah diberikanNya. Tapi tak lantas rasa syukur ini diungkapkan dengan cara yang berlebihan. Versi saya, sih, makan sahur secukupnya saja, asal air putih 4 gelas tercukupi, nasi cukup 4-5 sendok, tapi porsi sayuran lebih banyak. Ah, jadi nggak sabar masak capcay jam 3 pagi nanti.

Hayo.. kamu mau mangkir sahur lagi? Nanti kalo’ Gusti Allah udah bosen ngasih berkah, kamu ngerengek-ngerengek minta lagi..😀

Leave a Reply

